Cara Sukses Dagang Sambil Nyengir Ala Qasir

Haiii, jadi pengen nyapa mamak-mamak yang punya bisnis nih. Saya tanya ya, mamak-mamak olshop atau yang bergerak di bidang usaha UMKM, pernah nggak ngalamin kesulitan mengatur keuangan? Iya?! Tenang ada temannya kok. Hihi (sambil tunjuk idung sendiri). Kadang suka bingung sih mikir perasaan jualan lancar-lancar aja tapi uangnya pada kemana? Kok ilang nggak ada bekasnya. Nah ini nih penyakit yang suka menjangkiti para pelaku UMKM: sulit ngatur keuangan. Seringkali uang masuk kecampur sama uang jualan. Efeknya jadi nggak ketahuan laba atau rugi. Tahu-tahu duit abis. Haha..

Nah, masalahnya mau mbayar jasa akuntan buat ngaudit keuangan kok gak ada budjet gitu. Masih belum mampu, apalagi yang masih usaha kecil kayak saya yang apa-apa musti dikerjain sendiri. Kalaupun ada pegawai, ya masih suka kembang kempis ngatur gajinya. Pengen sih minta bantuan akuntan keuangan tapi kok mehong syekalii.

Sebenarnya udah ada sih usaha untuk mengatur keuangan lebih baik, cuma ya itu karena godaan males repot akhirnya nggak konsisten nyatet keuangan. Akhirnya yaaa tambah repot, haha..

Banyak para start up, pelaku UMKM yang gagal karena masalah ‘umum’ seperti ini. seperti dilema mo bayar akuntan gak ada duit, diatur sendiri nggak sanggup. Ya begitulah.

Nah, dalam sesi “Entrepreneur Talks” di Ngalup Coworking Space yang bertempat di jalan Sudimoro Kota Malang kemarin, Hana Gemintang School of Excellence mengangkat masalah ini dengan tema  Financial Planning for UMKM.

Mbak Indah Dwi Wahyuni, seorang akuntan keuangan sekaligus pemilik bisnis café di kota Malang, menjadi pembicara pada sesi pertama. Menjadi seorang akuntan sekaligus pelaku bisnis membuat perempuan satu ini benar-benar memahami suka duka dunia usaha. Tantangan yang biasa dihadapi para pelaku bisnis ini dikupas tuntas dalam sebuah diskusi yang interaktif.

Salah satu yang menjadi kendala seorang start up biasanya tidak jauh-jauh dari modal. Kesulitan modal membuat usaha serasa jalan di tempat. Dan kalaupun punya modal biasanya mereka tidak memiliki legalitas usaha SIUP dan TDP. Ada yang memang malas berurusan dengan birokrasi yang mbulet, ada juga yang memang benar-benar tidak tahu cara mengurusnya. Mereka tidak paham apa keuntungannya saat sebuah usaha sudah memiliki legalitas yang jelas.

Kendala yang tidak kalah memusingkan adalah adanya Laporan keuangan yang tidak tertib. Banyak dari pelaku UKM yang tidak melakukan pencatatan yang rapi dan teratur. Mereka seringkali tidak konsisten dan malas memilah-milah mana yang uang pribadi dan mana yang uang usaha.

Sesungguhnya perencanaan dan manajemen yang baik dapat membuat usaha kita tumbuh dan berkembang lebih optimal. Duh, masa mau sih usaha gitu-gitu aja terus? Nggak mau ’naik kelas’ nih? Hehe..

Nah, ternyata permasalahan keuangan ini sekarang sudah ada solusinya. Yup!

Berawal dari keinginan untuk membantu sesama akhirnya dua orang anak muda, Novan Adrian dan Rachmat Anggara, merancang aplikasi sistem yang bisa membantu usaha para UMKM yang kesulitan mengatur keuangan dan pembukuannya. So, pada tahun 2016 diluncurkan aplikasi QASIR.

Kenapa dinamakan QASIR, ya karena cara kerjanya mirip kasir sih. Bikin kita terbantu ngatur keuangan tanpa harus ribet. Ada dua varian untuk QASIR ini, aplikasi untuk web dan untuk mobile phone. Versi web digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan manajemen sementara yang versi mobile phone untuk kontrol harian yang bisa kita akses setiap saat.

 

Sesi kedua bertema, Cara Sukses Dagang Sambil Nyengir  oleh Mas Rahmat Anggara, salah satu penemu aplikasi ini kemarin bener-bener bikin saya nyengir. Bukan cuma karena berasa tertampar kesindir gegara nggak konsisten nulis pembukuan tapi juga karena QASIR bikin saya melek, ooo ternyata ada ya aplikasi yang gratis tapi manfaat banget buat dagangan kita. Bikin mamak-mamak olshop yang moodie kayak saya berasa punya kasir dan akuntan pribadi yang siap disuruh-suruh 24 jam tanpa harus keluar gaji. Hihi..

Mamak-mamak olshop pasti tertarik deh kalo tahu apa aja kelebihannya QASIR ini. Aku terangin satu-satu ya.

Yang pertama, ya pastilah lebih efektif dan efisien. Dengan aplikasi ini kita bisa menghemat waktu maupun tenaga. Banyak nih usaha kecil yang keteteran ngatur waktu sampai keluarga dikorbankan, gak bisa istirahat tenang, tidur aja masih mikirin closing, kerja bagai kuda tapi penghasilan ya gitu-gitu aja. Hehe..

Dengan banyaknya fitur otomatis akan memudahkan traksaksi hingga 70% lho. Meleleh saya, bikin jatuh cinta sama nih aplikasi. Kok yo pinter gitu alatnya.

Dengan adanya aplikasi ini juga kita bisa menghemat tenaga jadi agak santai karena semua dikerjakan secara otomatis. Misalnya saja untuk mengelola produk, outlet, membuat laporan, melihat laporan dan masih banyak lagi tanpa harus kita kerjakan sendiri.

Dan yang paling saya suka, aplikasi ini bisa tetap jalan walaupun kita sedang tidak terhubung dengan internet. Yup! Gak punya pulsa paketan gak masalah. Misal kita lagi travelling jalan-jalan ke suatu tempat yang nggak ada sinyal nih, tapi tetep pengen tahu perkembangan bisnis kita. Jangan khawatir QASIR siap melayani 24 jam nonstop. Asyik ya. Bisnis jalan tanpa harus mengganggu aktifitas yang lain. Jadi bikin mamak moodie kayak saya gak bisa alesan kalo lagi males ngurusi pembukuan yang jlimet dan bikin nguantuk berat. Woahh!

Fiturnya lengkap dan mudah karena cukup menggunakan nomor SIM CARD saja untuk mendaftar sebagai pelanggan. Kayak kalau kita buat akun baru facebook atau IG itu, lho, Mak. Duh, yakin pasti bisa deh.

Abis itu kalo udah terinstal kita bebas masukkan stok dagangan beserta harga kulakan dan harga jualnya sekalian. Semua hanya lewat mobile phone aja. Dunia ada dalam genggamanmu, Mak.

Nah, kalo UMKM udah naik kelas dan mulai punya cabang, nggak usah khawatir kita bisa kok mendelegasikan penanganan pada pegawai. Jadi setiap cabang bisa kita monitor dengan baik. Enak yo. Gimana nggak tambah sejahtera hidup begini? Hehe..

Fasilitas lainnya? Adaaaa..

Kita juga bisa kok sekalian jualan pulsa dan token listrik. Bisa juga buat nyimpen deposit kalau mau dipake sendiri. Tinggal melakukan deposit ke QASIR aja beres.

Dan yang paling bikin saya gemess, QASIR siap memberikan training gratis dan live chat yang bisa diakses 24 jam saat kita pengen curhat. Tapi curhat masalah keuangan lho ya, bukan curhat mantan. Haha..

Wes pokoke QASIR emang Gratis Gampang Gaspol . Cek yuk di QASIR.id

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Cara Sukses Dagang Sambil Nyengir Ala Qasir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.