Tips Simpel Hijab Untuk Muslimah

Hijab bagi seorang perempuan tak hanya sekedar syariat. Ia menjelma menjadi sebuah identitas yang menyatu dalam kehidupan seorang muslimah. Hijab adalah  bukti ketaatan seorang muslimah pada Rabbnya. Ia adalah manifestasi cinta sekaligus rasa takut sebagai seorang makhluk yang hidupnya bergantung penuh pada Dia yang Maha Agung.

Sebagai syariat, hijab memiliki konsekwensi jauh ke depan. Ia adalah bagian ibadah yang dampaknya terasa di dunia dan akhirat. Bukankah manusia paripurna adalah manusia visioner yang mencari kebahagiaan dunia akhirat?

Salah satu manfaat berhijab adalah untuk melindungi wanita dari fitnah dan kerusakan. Salah satu hikmah di balik perintah berhijab terdapat dalam salah satu firman-Nya.

 

ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

 

“Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih” [Al Ahzab : 59]

Namun hijab memiliki syarat-syarat dan batasan yang harus dipenuhi agar sesuai dengan syariat. Di antaranya menutup seluruh tubuh dan tidak menampakkan anggota tubuh sedikitpun kecuali telapak tangan dan wajah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

 

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَيُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّمَاظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

 

“Dan katakanlah kepada wanita-wanita mukminat, hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan janganlah menampakkan perhiasan mereka kecuali yang biasa nampak dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka” [An Nuur:31].

Dan juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

يَآأَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا {59}* لَّئِن لَّمْ يَنْتَهِ الْمُنَافِقُونَ وَالَّذِينَ فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ وَالْمُرْجِفُونَ فِي الْمَدِينَةِ لَنُغْرِيَنَّكَ بِهِمْ ثُمَّ لاَيُجَاوِرُونَكَ فِيهَآ إِلاَّ قَلِيلاً

 

“Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin,“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang” [Al Ahzab : 59].

Selain itu, hijab hendaknya terbuat dari kain yang tidak menerawang sehingga tidak menampakkan warna kulit tubuh, harus longgar dan tidak ketat.

Untuk Anda yang baru memulai berhijab mungkin lebih baik memakai hijab instan yang mudah pemakaiannya. Apalagi sekarang tidak sulit menemukan hijab instan di pasaran. Sesekali mungkin Anda ingin mencoba memakai kerudung pashmina. Nah, bisa jadi untuk Anda yang pertama kali memakai hijab akan merasa kesulitan. Jika Anda ingin tahu tips mudah pakai hijab pashmina boleh cek di  tutorial hijab pashmina.

Dalam berhijab, ada beberapa komponen wajib yang perlu anda miliki. Salah satunya ciput atau ninja. Ini bukan ninja di film lho ya, tapi penutup kepala yang memudahkan kita untuk mengatur hijab agar lebih mudah ditata. Kita juga butuh peniti yang disematkan di dagu. Namun jika tidak terdapat peniti, Anda juga bisa memakai jarum pentul untuk membantu agar hijab kita tidak ‘anteng’ tidak ketarik atau geser kemana-mana sehingga terkesan tetap rapi walaupun kita aktif.

Hijab pashmina adalah salah satu jenis hijab yang disukai perempuan. Untuk memakai hijab pashmina pertama-tama sisakan bagian yang lebih panjang di sebelah kanan.

Selanjutnya ambil hijab yang bagian sebelah kiri, lalu sematkan peniti atau jarum pentul pada bagian belakang kepala. Lalu diikuti hijab yang sebelah kanan di mana kainnya lebih panjang.

Langkah selanjutnya sematkan peniti atau jarum pentul pada bagian dekat telinga sebelah kanan. Setelah semua tahap tersebut selesai, Anda bisa merapikan kembali sedemikian rupa sehingga hijab terasa nyaman di kepala.  Tahap yang terakhir, Anda dapat mengenakan bros dengan cara menyamping di bagian kanan. Ada berbagai macam bros yang bisa anda pilih sesuai model yang diinginkan.

Warna kerudung hijab pashmina sangat beragam. Pilih warna hijab yang sesuai dan serasi dengan baju atasan dan bawahan Anda. Hijab menjadi salah satu cara untuk tampil lebih rapi dan santun. Mungkin beberapa dari Anda berpikir memakai kerudung hijab pashmina terkesan ribet, namun sebenarnya tidak. Anda bisa menemukan berbagai macam tutorial memakai hijab yang mudah dan praktis di internet.

Jangan lupa untuk memilih kerudung hijab pashmina yang lebih lebar sehingga bisa menutupi area dada. Pilih bahan yang nyaman dan tentunya yang sesuai syariat. Itu saja ulasan sederhana mengenai tutorial simple memakai kerudung hijab. Semoga bermanfaat.

 

 

 

2 thoughts on “Tips Simpel Hijab Untuk Muslimah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.