Berikut Ini Manfaat Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Listrik ini merupakan energi yang berasal dari muatan listrik, sehingga bisa membuat medan listrik statis serta menghasilkan gerakan-gerakan elektron di dalam konduktor atau ion di dalam zat cair maupun gas. Selain itu, energi listrik ini bersifat dinamis di mana bisa mengubah energi listrik menjadi energi lainnya. Arus listrik sendiri terdiri dari 2 macam, yakni arus listrik AC dan arus listrik DC.

Adapun sumber listrik ini terdiri dari 2 partikel, yakni partikel proton dan elektron. Di mana kedua partikel ini mengandung energi listrik serta memiliki arus yang berbeda-beda. Jika proton arusnya adalah bermuatan positif, maka elektron dalah arus yang bermuatan negatif. Sebuah benda yang kekurangan elektron di dalamnya maka bisa dikatakan bahwa benda tersebut kelebihan energi positif dari proton. Sebaliknya, jika suatu benda memiliki energi elektron yang berlebihan, maka benda tersebut muatannya adalah negatif. Dan jika kedua benda memiliki proton maupun neutron yang sama, maka benda tersebut bisa dikatakan sebagai benda yang netral.

 

Perlu Anda ketahui, bahwa arus listrik ini biasanya akan mengalir secara potensial, dari potensial tinggi menuju potensial rendah, arus ini juga berlawanan dengan arah dari aliran elektron. Jika arusnya bermuatan negatif maka elektron bisa bergerak dari arah kutub positif ke kutub negatif. Ketika dalam rangkaian tertutup, maka elektron biasanya akan mengalir dari kutub negatif ke kutub positif. Dalam hal ini, alat seperti baterai bisa menyimpan muatan listrik serta bisa menyimpan muatan listrik. Banyaknya jumlah muatan listrik ini disimbolkan dengan menggunakan Q, yang artinya adalah kemampuan alat listrik yang bisa menyimpan atau membuang arus listrik dalam waktu tertentu. Lalu apa saja manfaat dari listrik ini bagi manusia? Berikut manfaat listrik bagi kehidupan manusia :

  1. Sebagai Penerangan

Pada malam hari saat tidak ada sinar matahari, tentunya dunia akan menjadi gelap gulita. Sehingga manfaat energi bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik ini bisa digunakan untuk menyalakan lampu. Jaman dulu, sebelum ada listrik orang-orang menggunakan obor atau lampu minyak biasa untuk menerangi di malam hari.

 

  1. Sumber Energi

Manfaat lainnya dari listrik adalah sebagai sumber energi karena listrik bisa digunakan sebagai penghasil energi. Contohnya, listrik ini digunakan sebagai sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga serta peralatan elektronik lainnya. Bahkan hampir semua aktivitas manusia sehari-hari tidak bisa dilepaskan dari yang namanya energi listrik.

  1. Sarana Hiburan

Hampir semua sarana hiburan pada saat ini dalam beroperasi sangat membutuhkan energi listrik. Misalnya listrik ini digunakan untuk pengoperasian ponsel, TV, DVD, main game, dan lain sebagainya.

  1. Penghasil Panas

Manfaat listrik lainnya adalah sebagai penghasil panas, karena arus listrik ini bisa mengalir dengan manfaat nikel atau elemen-elemen pemanas yang bisa menghasilkan panas. Panas inilah yang bisa digunakan untuk keperluan manusia sehari-hari. Misalnya, energi listrik ini bisa menghasilkan panas untuk kompor listrik, setrika, penanak nasi, alat pengering rambut, dan lain-lain. Semua peralatan tersebut mengubah energi listrik menjadi panas.

  1. Penghasil Gerak

Manfaat terakhir dari listrik untuk kehidupan manusia adalah sebagai penghasil gerak. Dalam hal ini, banyak sekali barang-barang kebutuhan manusia yang membutuhkan energi listrik untuk menggerakannya. Misalnya energi listrik diubah menjadi energi gerak seperti mobil, motor, kipas angin, dan lain sebagainya.

Mungkin itu saja informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

 

Sumber : Popmama

 

12 thoughts on “Berikut Ini Manfaat Listrik Bagi Kehidupan Manusia

  1. Good day! santisuhermina.com

    We present

    Sending your commercial offer through the feedback form which can be found on the sites in the contact section. Contact form are filled in by our software and the captcha is solved. The advantage of this method is that messages sent through feedback forms are whitelisted. This technique raise the probability that your message will be open.

    Our database contains more than 25 million sites around the world to which we can send your message.

    The cost of one million messages 49 USD

    FREE TEST mailing of 50,000 messages to any country of your choice.

    This message is automatically generated to use our contacts for communication.

    Contact us.
    Telegram – @FeedbackFormEU
    Skype FeedbackForm2019
    WhatsApp – +44 7598 509161
    Email – FeedbackForm@make-success.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.